SMPN 3 Denpasar Bertekad Jadi Model Kepramukaan

GUDEP 04.243-04244 SMPN 3 Denpasar kini sebagai Gudep (Gugus Depan) Pramuka tergiat di Kota Denpasar. Gudep 04.243-04.244 SMPN 3 Denpasar, Sabtu (17/11) kemarin dinilai oleh tim Penilai Lomba Gudep Provinsi Bali, diketuai Sekretaris Kwarda Bali, I Made Dana.

Penilaian ini sekaligus sebagai pembuka kepemimpinan baru Kepala SMPN 3 Denpasar, I Wayan Murdhana, S.Pd., M.Psi., yang secara resmi menggantikan Kasek I Made Darma. Secara formal SK pengangkatan diterima per 1 November 2012.

Gudep SMPN 3 Denpasar dibina oleh Ni Made Ariani, I Made Yudi Artana, S.Pd., A.A. Ngr. Krisnayana dan Pabrandari. Gudep SMPN 3 Denpasar berkekuatan siswa kelas VII, para senior siswa kelas VIII dan IX. Namun semua siswa di sekolah ini mendapatkan pendidikan kepramukaan. Makanya Murdhana mengatakan sekolahnya pro dengan kepramukaan.

Saat dinilai, Pramuka SMPN 3 Denpasar menampilkan berbagai atraksi yakni pembuatan tandu P3K dan smapur. Tujuannya untuk melatih keterampilan peserta Pramuka di bidang smapur. Sedangkan P3K tandu untuk mendukung aksi sosial ketika ada bencana alam dan sebagainya.

Krisnayana menambahkan, soal prestasi gudep ini termasuk paling padat. Sebagai regu berprestasi lomba tingkat di Densel, juara II lomba Pandu Trisna Cup di kategori P3K tandu. Tahun 2011 dua orang pramukannya menjadi duta Bali ke Jambore Nasional atas nama Dwi Arisoma dan Dian Kartikayanthi.

Kamabigus Gudep 04.243-04244 sekaligus Kepala SMPN 3 Denpasar, Wayan Murdhana mengungkapkan rasa bangganya menjadi duta Kota Denpasar di event se-Bali. Kepramukaan, kata dia, sangat penting dalam era sekarang untuk pembentukan pendidikan karakter. Pendidikan karakter ada di pramuka, makanya sekolah mensuport kegiatan pramuka dengan dana sekolah.

Sebagai duta sekolah, Gudep Pramuka SMPN 3 Denpasar akan memacu kepramukaan di sekolah dan membiaskan kepada sekolah lain. Dia bangga siswanya sangat antusias mengikuti kegiatan kepramukaan bisa dijadikan model kepramukaan di Denpasar. Ekstra Pramuka dilakukan minggu sore secara rutin dengan pembina alumni. Aktivitas kepramukaan di SMPN 3 Denpasar, kata dia, lebih menekankan pendidikan karakter membentuk manusia Pancasila sesuai Dasa Darma dan Tri Satya.

Murdhana mengatakan pramukanya banyak berperan dalam lomba-lomba termasuk kegiatan di outdoor dan bakti sosial. Sekolah menyiapkan anggaran khusus untuk aktivitas kepramukaan. Termasuk fasilitas, tenda serta keperluan lainnya. ''Jadi, kami pro dengan aktivitas kepramukaan, sesuai amanat UU No. 12/2010 soal Gerakan Pramuka,'' ujarnya.

Yang menarik, Gudep ini memiliki sanggar mungil pramuka yang berada di bawah tangga. Ruang kecil ini kaya manfaat. Bisa dipakai tempat berkumpul, diskusi, merancang kegiatan, administrasi sekaligus ruang pameran hasil karya peserta didik. Ketua Tim Penilai I Made Dana mengaku bangga dan puas menilai Gudep SMPN 3 Denpasar yang sarat aktivitas dan prestasi. Yang penting, kata dia, program ini harus berkelanjutan.

Share

Tambah Komentar


Kode Keamanan
Segarkan